RSS

Lokakarya Pengawasan, Pangkep

03 Dec

Pada tanggal 29-30 November 2010 telah dilaksanakan Lokakarya MCS (Monitoring, Controlling, dan Surveillance) di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Pangkep.  Tujuan dari lokakarya MCS ini adalah menggalang input dan ide-ide kreatif dari stakeholder dalam rangka penyusunan program-program yang mendukung pelaksanaan Coremap II ke depan khususnya di Kabupaten Pangkep.  Peserta lokakarya adalah Camat Kepulauan, Kapolsek Keplauan, Perwakilan Lurah/Desa Kepulauan, Perwakilan Ketua LPSTK, dan Perwakilan Pokmas Konservasi, sementara  narasumber terdiri dari Lantamal VI Makassar, Polres Pangkep, Kejaksaan Negeri Pangkep, dan NCU Coremap II.

Hasil rumusan dari lokakarya tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Kekayaan sumberdaya laut sebagai potensi wilayah Kabupaten Pangkep yang luas merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada masyarakat Pangkep dan anugerah tersebut mesti dijaga kelestariannya dengan sebaik-baiknya.

2.      Kegiatan illegal/destructive fishing merupakan Pelanggaran terhadap peraturan  perundang-undangan yang berlaku,  sehingga kegiatan tersebut harus dihentikan.

3.      Institusi Penegak hukum di perairan laut Kabupaten Pangkep (TNI AL, Polri, PPNS Perikanan, dan Kejaksaan) akan meningkatkan upaya-upaya penegakan hukum sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

4.      Lantamal VI TNI AL terus melakukan pembinaan dan penyuluhan hukum terhadap masyarakat pesisir dan kepulauan pada proses penyidikan terhadap kasus-kasus tindak pidana perikanan yang ditangani.

5.      Polres Pangkep sebagai salah satu penegak hukum di laut akan melakukan penyuluhan melalui Polsek-Polsek khususnya tentang pelarangan penangkapan ikan yang merusak lingkungan dan biota laut

6.      Kejaksaan Negeri Kabupaten Pangkep terus melakukan koordinasi dengan pihak penyidik (TNI AL, Polri, dan PPNS Perikanan) agar penuntutan Tindak Pidana Perikanan bisa berjalan optimal.

7.      Masyarakat pesisir dan kepulauan khususnya Pokmaswas, berperan  serta  yang sangat penting dalam upaya pengawasan sumberdaya laut, sehingga masyarakat pesisir dan kepulauan Kabupaten Pangkep akan terus berpartisipasi dalam kegitan pengawasan.

8.      Upaya mengubah mindset masyarakat yang mengarah pada aktifitas yang merusak sumberdaya laut akan terus dilakukan dengan tidak mengenal kata menyerah.

9.      Koordinasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan Coremap mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan perlu terus dilakukan agar stakeholder memahami, ikut berpartisipasi, dan pada gilirannya merasakan manfaat dari program Coremap.

10.  Perlu dilakukan Monitoring dan  evaluasi secara berkala dan terpadu terhadap program Coremap, khususnya yang terkait dengan pengawasan dan Pelaksanaan Kegiatan, agar bisa diketahui tingkat keberhasilannya

 
Leave a comment

Posted by on December 3, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: