RSS

Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Kaltim

26 May

 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur saat ini sedang menyusun RTRW Provinsi Kalimantan Timur untuk 20 tahun yang akan datang, sesuai dengan norma yang ditetapkan dalam Undang Undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Menurut undang undang itu pula dan Kepmen PU No. 15 /PRT/M/2009 tentang Pedoman Penyusunan RTRW Provinsi, dalam operasionalisasinya rencana umum tata ruang dijabarkan dalam rencana rinci tata ruang yang disusun dengan pendekatan nilai strategis Kawasan dan/atau kegiatan kawasan dengan muatan substansi yang dapat mencakup hingga penetapan blok dan sub blok yang dilengkapi peraturan zonasi sebagai salah satu dasar dalam pengendalian pemanfaatan ruang sehingga pemanfaatan ruang dapat dilakukan sesuai dengan rencana umum tata ruang dan rencana rinci tata ruang.

Rencana rinci tata ruang dapat berupa rencana tata rung kawasan strategis dan rencana detail tata ruang. Kawasan strategis yang dimaksudkan disini adalah kawasan yang penataan ruangnya diprioritaskan karena memiliki pengaruh penting terhadap kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan negara, pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya dan/atau lingkungan termasuk wilayah yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia.

Rencana tata ruang kawasan strategis adalah upaya penjabaran rencana umum tata ruang kedalam arahan pemanfaatan ruang yang lebih spesifik sesuai dengan aspek utama yang menjadi latar belakang pembentukan kawasan strategis tersebut. Tingkat kedalaman rencana tata ruang kawasan stategis sepenuhnya mengikuti luasan fisik serta kedudukannya dalam sistem adminitrasi.

Kawasan Strategis Provinsi (KSP) ditetapkan berdasarkan :

  • Kebijakan dan strategis penataan ruang wilayah provinsi
  • Nilai strategis dari aspek-aspek ekternalitas, akuntabilitas, dan efisiensi penanganan kawasan
  • Kesepakatan para pemangku kepetingan berdasarkan kebijakan yang ditetapkan
  • Daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup wilayah provinsi, dan
  • Ketentuan peraturan perundang-undangan terkait

Untuk itu maka dalam TA 2010 ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah mengalokasikan anggaran untuk menyusun rencana tata ruang kawasan strategis di lima KSP yaitu (a) KSP Delta Mahakam, (b) KSP Tiga Danau, (c) KSP Teluk Balikpapan, (d) KSP Maloy dan (e) KSP Sangsaka.

 

Tags: , ,

One response to “Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Kaltim

  1. warsilan

    May 30, 2010 at 2:50 pm

    Dengan rencana RTR Kawasan diharapakan dapat mengurangi spekulan-spekulan lahan, dan pemanfaat tata guna lahan lebih terarah dan effisien

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: