RSS

Pengembangan Ekowisata Mangrove

18 Jan

Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis dan ekonomi yang sangat penting bagi masyarakat luas.  Secara ekologis, hutan mangrove berfungsi sebagai daerah pemijahan (spawning ground) dan daerah pembesaran (nursery ground) berbagai jenis ikan, udang, kerang-kerangan, dan species lainnya.  Selain itu, hutan mangrove merupakan habitat bagi berbagai jenis burung, reptilia, mamalia, dan berbagai jenis kehidupan lainnya, sehingga hutan mangrove menyediakan keanekaragaman hayati (biodiversity) dan plasma nutfah (genetic pool) yang tinggi serta berfungsi sebagai sistem penunjang kehidupan.  Dengan sistem perakaran dan canopy yang rapat dan kokoh, hutan mangrove juga berfungsi sebagai pelindung daratan dari gempuran gelombang, tsunami, angin topan, perembesan air laut, dan gaya-gaya kelautan ganas lainnya.

Secara ekonomi, kayu yang terdapat di hutan mangrove sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, arang, dan bahan baku kertas.  Hutan mangrove sering dikonversi menjadi menjadi kawasan pemukiman, kawasan industri, tambak, dan peruntukan lainnya.  Selain itu, hutan mangrove dapat dimanfaatkan untuk industri peternakan lebah madu dan ekowisata.

Khusus untuk pengembangan hutan mangrove sebagai kawasan wisata (ekowisata), beberapa daerah di Indonesia telah melakukannya, seperti di Bali dan Tarakan.  Di Kabupaten Berau, pengembangan ekowisata berbasis mangrove belum digalakkan padahal potensi yang dimiliki sangat besar.  Mangrove yang ditemukan diwilayah Berau sebanyak 26 jenis dengan total luasan sebesar 80.277 hektar, terdiri dari mangrove sejati (bakau, api-api) 49.888 hektar dan mangrove tidak sejati (nipah, nibung) 30.389 hektar. Nipah khususnya mendominasi di sepanjang Sungai Berau, sedangkan bakau dan api-api di Delta Berau dan di sepanjang pantai.  Hutan mangrove Berau diakui sebagai hutan mangrove yang terbaik yang tersisa di Kalimantan Timur.

Hasil kajian valuasi ekonomi dan konservasi mangrove untuk jangka waktu 10 tahun yang dilakukan oleh TNC (2004) menunjukkan bahwa nilai ekonomi hutan mangrove memberikan manfaat ekonomis sebagai berikut:

  • Manfaat langsung: US$ 295.78 /ha/tahun
  • Manfaat tidak langsung: US$ 726.26 /ha/tahun
  • Manfaat Pilihan: US$ 15.00 /ha/tahun
  • Manfaat Eksistensi US$ 358.46 /ha/tahun
  • Manfaat Bersih US$ 1,395,50 /ha/tahun

Hutan mangrove di daerah ini merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Laut (KKL) Kabupaten Berau yang mencakup kawasan pesisir dan laut seluas 1,27 juta hektar.  Kawasan Konservasi Laut ini berkontribusi secara signifikan terhadap target nasional pengembangan KKL, yaitu sebesar hampir 13% dari total target nasional seluas 10 juta hektar.  Tujuan utama dari pengembangan KKL Berau adalah untuk melindungi keanekaragaman hayati laut, serta untuk menjamin pemanfaatan sumberdaya perikanan dan pariwisata bahari yang berkelanjutan di kabupaten Berau, serta sebagai pusat perhatian dunia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

KKL Berau memiliki beberapa kawasan wisata yang sudah terkenal dipenjuru dunia, seperti pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki, dan Maratua. Pulau-pulau ini memiliki keindahan pantai berpasir putih, keunikan danau air laut, warna-warni alam bawah laut, dan keberadaan penyu yang bersahabat.  Gerbang utama untuk mencapai pulau-pulau wisata tersebut adalah melalui pelabuhan Tanjung Batu yang terletak di daratan utama (main land) Kabupaten Berau bagian utara. Karena itu hutan mangrove disekitar Tanjung Batu patut dikembangkan sebagai kawasan ekowisata agar terdapat ’paket wisata bahari’ di KKL Berau yang mencakup kawasan pantai dan pulau-pulau kecil.

 
1 Comment

Posted by on January 18, 2010 in Uncategorized

 

One response to “Pengembangan Ekowisata Mangrove

  1. Ivana Yuniarti

    February 17, 2012 at 1:56 pm

    makasih info nya..boleh tanya sumber yang untuk nilai ekonomi mangrove nya diperoleh daraimana ya? boleh tahu dimana publikasinya…terima kasih.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: