RSS

Journalist Writing Competition

20 Jan

Program Coremap II merupakan salah satu program nasional yang bertujuan merehabilitasi, melindungi dan memanfaatkan ekosistem terumbu karang secara lestari dan berkelanjutan guna menunjang kesejahteraan masyarakat pesisir. Berdasarkan data kondisi terumbu karang di Indonesia yang dikemukakan oleh Suharsono, 2000 menyebutkan bahwa terumbu karang di Indonesia di bagi dalam empat kondisi yaitu : kondisi sangat baik 6,04%, kondisi baik 22,95%, kondisi buruk 31,16% dan kondisi sangat buruk 32,11%. Berdasarkan data tersebut secara makro kondisi terumbu karang Indonesia cukup menghawatirkan.

Upaya pelestarian terus dilakukan melalui program-program yang dilaksanakan Coremap II, salah satu upaya yang dilakukan adalah program kampanye penyelamatan karang melalui media cetak, elektronik, pembagian brosur/pamplet, dan lain-lain. Stakeholders utama yang memiliki perangkat dan sistem penyadartahuan kepada masyarakat adalah MEDIA MASSA. Untuk itu, pengelolaan terumbu karang berkelanjutan melalui  program COREMAP II Propinsi Sulawesi Selatan memerlukan keterlibatan media (baca: jurnalist) dalam menginformasikan mainstream program maupun kampaye penyadartahuan masyarakat akan pentingnya pengelolaan terumbu karang berkelanjutan.

Kegiatan Jurnalist Writing Competition ini adalah stimulan bagi para jurnalist untuk melirik pemberitaan terkait pengelolaan terumbu karang secara berkelanjutan. Diharapkan melalui kegiatan ini minat para jurnalist dapat bertambah dan pada gilirannya akan menjadi media public awarness bagi masyarakat dan stakeholders lainnya.

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: